Ada Benjolan di Ketiak? Kenali 4 Kemungkinan Jenis Benjolan Ini

Benjolan di ketiak kerap dialami oleh kaum wanita, meskipun tidak sedikit juga pria mengalaminya. Benjolan yang muncul biasanya memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Dari perbedaan ini, biasanya bisa dikenali kemungkinan yang terjadi pada tubuh yang mengakibatkan benjolan tersebut muncul. Berikut ini akan dipaparkan jenis-jenis benjolan dan kemungkinan yang terjadi menurut bentuk dan teksturnya. Untuk bisa merasakannya, benjolan hanya perlu diraba.

4 Jenis Benjolan di Ketiak

Dilihat dari tekstur, ukuran dan bentuknya, benjolan di ketiak bisa dikenali dengan beberapa kemungkinan sebagai berikut:

  • Benjolan bertekstur lunak

Jika benjolan memiliki tekstur yang lunak, biasanya menandakan adanya infeksi, kista atau lipoma. Lipoma adalah benjolan yang berisi lemak. Sedangkan kista merupakan tumor dalam kategori jinak. Kista biasanya berisi cairan kental, terkadang hanya berisi udara maupun berisi nanah.

  • Benjolan keras dan tidak bergerak

Benjola di ketiak yang ketika diraba terasa keras dan nyaris tidak bergerak biasanya mengindikasikan adanya infeksi kanker payudara. Namun untuk membuktikannya, perlu melakukan pemeriksaan medis lebih lanjut seperti tes darah.

  • Benjolan berubah-ubah dan tidak hilang

Terkadang ada benjolan yang perubahannya terlihat secara signifikan dan tidak hilang. Benjolan yang berubah bentuk atau warna secara cepat biasanya mengindikasikan adanya kanker payudara, limfoma ataupun leukemia. Limfoma merupakan kanker getah bening di mana sel-sel kanker menyerang sel-sel getah bening. Jika terjadi limfoma, maka benjolan tidak hanya muncul di ketiak saja. Benjolan bisa muncul di leher dan selangkangan. Sedangkan leukemia merupakan kanker darah yang mana sel kanker menyerang sel darah putih.

  • Benjolan lunak dan sakit

Jika benjolan terasa lunak dan sakit, biasanya disebabkan oleh adanya infeksi ataupun alergi yang mungkin secara langsung menyerang ketiak. Akan tetapi, terkadang limfoma atau kanker kalenjar getah bening juga membuat benjolan terasa menyakitkan.

Beberapa kemungkinan lainnya adalah fibroadenoma, lupus, infeksi jamur hingga reaksi karena vaksinasi. Beberapa jenis infeksi virus juga bisa menyebabkan munculnya benjolan di ketiak.

Pesan untuk Kaum Wanita Mengenai Benjolan

Menurut data, kanker getah bening dan kanker payudara erat kaitannya dengan munculnya benjolan pada tubuh terutama kaum hawa. Keduanya memang menjadi penyakit mematikan yang cukup banyak merenggut nyawa.

Oleh karenanya, para wanita dihimbau untuk sesering mungkin melakukan cek kesehatan. Karena biasanya benjolan muncul ketika sudah dalam kondisi parah. Wanita direkomendasikan untuk memeriksakan diri, terutama jika tiba-tiba muncul benjolan mencurigakan pada ketiak setelah menstruasi. Meskipun lebih banyak menyerang wanita, bukan berarti kanker payudara tidak menyerang kaum adam. Jadi, sebaiknya periksakan diri jika benjolan mulai terasa.

Sering-seringlah meraba ketiak dan bagian tubuh lain karena benjolan bisa menandakan adanya penyakit. Jika benjolan di ketiak muncul, segera kunjungi dokter dan lakukan tes laboratorium untuk memastikan diagosanya.

Leave a Reply