Bunda Ini Dia Cara Ampuh Memilih Stroller Bayi Yang Aman

Harus bunda ketahui, bahwa kereta dorong atau stroller saat ini semakin banyak di gunakan oleh para orangtua. Walaupun seperti itu, bunda harus benar-benar memperhatikan faktor keamanan dari stroller yang di gunakan untuk buah hati Anda.

Umumnya stroller di gunakan untuk anak yang memang sudah berusia 3-4 tahun, dimana si kecil sudah benar-benar bisa berjalan. Namun sayangnya, saat ini banyak juga orangtua yang menggunakan stroller ini di usia bayi yang masih sangat dini. Dengan begitu, saat ini sudah banyak tersedia stroller yang terjual di pasaran, yang mana membuat para orangtua menjadi sangat bingung untuk memilih stroller yang tepat untuk buah hatinya.

Cara Memilih Stroller Yang Aman Untuk Bayi

Bukan hanya mempertimbangkan tampilan dan juga harga, namun pastinya Anda sebagai orangtua juga harus mempertimbangkan keamanan dari stroller yang di gunakan untuk buah hati Anda. Dan berikut beberapa tips dari babyologist yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan stroller untuk bayi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Rem yang praktis

Sebagian besar stroller memiliki rem yang mana hanya mampu mengunci satu roda saja, dan jelas hal ini sangat tidak di sarankan untuk di pilih. Karna sebaiknya Anda memilih stroller dengan rem yang mampu mengunci dua roda secara sekaligus, dan hal ini di tujukan untuk keamanan buah hati Anda ketika berada di dalam stroller tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kalau rem yang di gunakan untuk mengunci roda stroller tidak bisa di jangkau si kecil. Bahkan stroller yang memiliki disc brekes bisa memberikan keamanan ketika Anda menggunakannya di jalan yang menanjak atau bahkan menurun sekalipun.

  1. Ketahanan sabuk pengaman

Biasanya stroller juga memiliki sabuk pengaman, entah itu sabuk pengaman jenis 3 point atau bahkan jenis 5 point. Nah, untuk keamanan bayi atau balita, ada baiknya jika Anda memilih stroller yang memiliki sabuk pengaman 5 point. Hal ini di karenakan sabuk pengaman jenis 5 point ini mampu mendukung keamanan pinggang, bahu, dan juga di antara kaki si kecil.

  1. Cara gerak stroller

Sampai saat ini, para ahli kesehatan lebih menganjurkan kepada orangtua untuk memilih stroller yang bisa bergerak lurus. Karna biasanya jenis stroller yang memiliki roda depan dan juga belakang yang berputarĀ  di pastikan akan mudah dibelokkan. Dan hal ini pastinya tidak aman untuk di gunakan.

  1. Kursi yang dapat disesuaikan

Jika Anda membeli stroller yang dianjurkan di gunakan untuk bayi berusia di bawah 6 bulan, maka Anda harus memastikan kalau kursi yang di gunakan berada dalam posisi yang hampir membaring. Hal ini di karenakan bayi yang memang masih belum bisa menompang kepala dan berat badannya. Dan untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan, maka Anda bisa memilih stroller dengan kursi yang agak tegak atau bahkan kursi yang bisa di baringkan agar si kecil bisa nyaman ketika ia tengah tidur.

  1. Tempat menaruh kaki

Anda juga harus memilih jenis stroller yang memang memiliki pijakan kaki yang menyatu, hal ini bertujuan agar buah hati Anda merasa nyaman ketika berada di stroller tersebut. Dan hal ini juga bertujuan untuk menghindari kaki si kecil terperangkap di antara dua bagian pijakan kaki jika pijakan kaki tersebut terpisah.

 

Leave a Reply