Fakta Menarik dari Fase Perkembangan Janin

Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan mahluk lainnya. Manusia berkembang dari satu buah sel telur yang dibuahi oleh satu sel sperma dari sebuah pasangan insan manusia. Dari dua komponen kecil ini pun, nantinya akan mengalami perkembangan-perkembangan yang sangat luar biasa. Dari dua sel yang melebur menjadi satu, kemudian mengalami pembelahan-pembelahan, pertumbuhan dan perkembangan, kemudian nantinya akan menjadi seorang manusia yang siap untuk menjalani kehidupan di dunia.

Dalam fase perkembangan janin, terdapat beberapa hal yang sangat menakjubkan yang tentunya dapat menjelaskan begitu kuasanya Tuhan Sang Pencipta Kehidupan. Berikut beberapa fakta menakjubkan dalam fase perkembangan janin:

Fakta Menarik dari Fase Perkembangan Janin

Jantung yang dimiliki oleh janin sudah bekerja sejak satu bulan

Ketika usia janin telah memasuki satu bulan, jantung pada janin sudah dapat bekerja seperti jantung orang dewasa. Jantung memompakan darah ke seluruh bagian tubuh manusia, sehingga semua bagian tubuh manusia mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi.

Tulang yang tumbuh pada janin lebih banyak jika dibandingkan tulang orang dewasa

Bayi setidaknya memiliki 300 tulang aktif tumbuh pada masa perkembangan janin dalam kandungan dan setelah lahir. Sedangkan, total tulang yang ada di dalam tubuh orang dewasa hanya sebanyak 206 tulang.

Janin juga telah membuka mata di dalam kandungan

Pada usia kehamilan minggu ke- 28, bayi dapat bereaksi membuka matanya meskipun belum dapat melihat apapun, terutaman ketika mendapatkan rangsangan sinar dari luar. Cahaya yang sangat terang dari luar dapat terlihat oleh janin karena mampu sedikit menembus abdomen ibu.

Janin sudah mulai bermimpi

Mimpi tidak hanya dialami oleh bayi ketika sudah lahir, melainkan juga ketika masih berada di dalam kandungan. Alam bawah sadar janin juga mengalami perkembangan. Janin yang berusia minggu ke- 30 sudah dapat mengalami tidur REM (Rapid Eye Movement) yang merupakan tahapan tidur di mana terjadinya mimpi.

Janin sudah bisa kencing, kemudian menelannya kembali

Sejak minggu ke- 16, janin telah dapat memproduksi urin yang dikeluarkannya ke dalam ait ketuban yang juga ditelannya kembali karena bercampur dengan air ketuban. Hal ini berfungsi dalam perkembangan dan pembangunan fungsi sistem ginjal pada janin. Kurang lebih, janin mengeluarkan urin sebanyak 300 ml/kg berat badan janin per harinya. Bahkan, produksi air ketuban sebagian besar berasal dari cairan urin yang dikeluarkan oleh janin.

Janin menyukai rasa manis

Saat memasuki minggu ke -15 usia kelahiran, janin sudah mampu merasakan berbagai rasa. Hal ini ditunjukkan oleh perilaku janin di dalam kandungan. Ketika rasa manis dalam air ketuban lebih tinggi, maka janin akan menelan lebih banyak air ketuban, sedangkan akan sedikit menelan air ketuban jika rasa air ketuban pahit.

Janin mampu merasakan makanan yang dikonsumsi oleh ibu

Ketika masih berada di dalam kandungan, janin ternyata juga sudah dapat merasakan makanan yang dikonsumsi oleh ibunya, seperti rasa manis, rasa bawang putih, dan rasa jahe, yang dirasakannya melalui air ketuban. Peneliti percaya bahwa hal ini berfungsi dalam mempersiapkan dan membangun rasa-rasa yang akan dirasakan oleh bayi ketika telah lahir.

Janin dapat mencium bau

Berdasarkan penelitian, janin yang memasuki usia minggu ke- 28, ternyata sudah mampu mencium aroma yang tidak sedap di lingkungan sekitar janin.

Demikian beberapa fakta menakjubkan dalam fase perkembangan janin dalam kandungan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply