Manfaat dan Bahaya Pare Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Manfaat dan Bahaya Pare Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diketahui

Pare, jenis sayuran satu ini sering diolah menjadi tumisan yang biasanya dikombinasikan dengan ikan asin dan kadang juga bisa menjadi lalapan. Walaupun rasanya pahit, pare cukup digemari di lidah orang- orang Asia. Tapi bagaimana ya dengan ibu yang sedang hamil? Bolehkah ibu hamil konsumsi pare? dan apa saja manfaat dan bahay pare untuk ibu hamil? jawabannya akan kami hadiekan di bawah ini.

Ternyata meskipun kandungan nutrisinya cukup banyak, pare itu tergolong dalam sayuran yang dilarang dikonsumsi selama anda dalam masa kehamilan. Sebab diketahui bahwa pare itu mengandung beberapa zat dan juga senyawa yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga perkembangan janin yang berada di dalam kandungan. Diantara zat berbahaya itu adalah kina, resin, glikosida, carpain, vicine, morodicine dan saponic.

Manfaat Pare Bagi Ibu Hamil

Sebenarnya jika ibu hamil konsumsi pare dengan jumlah wajar dan saat saat memasaknya tak dicampur bahan yang membahayakan kehamilan jadi ibu hamil bisa memperoleh manfaatnya juga.

Melancarkan Pencernaan

Pare memiliki serat yang bisa diandalkan. sebab ibu hamil sering punya keluhan yaitu sembelit atau susah BAB. Dan ini dapat diatasi dengan konsumsi makanan kaya serat. Nah, itulah manfaat pare yang bisa untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil. Kandungan serat dalam pare bisa melancarkan pencernaan.

Mencegah Hipertensi

Ketika kehamilan sudah masuk trimester tiga maka sering ditemui ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi itu bukan sebuah penyakit tapi jika tak segera diatasi dapat menyebabkan munculnya penyakit yang serius. Dan untuk membuat tekanan darah menjadi stabil adalah dengan konsumsi pare.

Bahaya Pare Dikonsumsi Ibu Hamil

Selain memiliki manfaat ternyata konsumsi pare saat hamil juga ada bahayanya juga. Di bawah ini merupakan bahaya ibu hamil jika mengkonsumsi pare.

Menyebabkan Keguguran

Salah satu bahaya pare untuk ibu hamil yang paling ekstrim adalah meningkatnya risiko keguguran. Sama seperti pepaya mentah, buah pare ternyata juga mengandung senyawa kina. Senyawa kina sendiri merupakan senyawa yang dapat merangsang penyusutan rahim, meningkatkan risiko bayi prematur (Pre-Term Labour), dan meningkatkan risiko keguguran, terutama jika dikonsumsi terus menerus.

Menimbulkan Alergi

Pare mengandung senyawa vicine yang dapat menstimulan timbulnya gejala favism, terutama bagi seseorang yang masalah hipersensitif. Favism sendiri merupakan salah satu bentuk alergi yang perlu mendapat penanganan serius mengikat akibat yang ditimbulkannya cukup parah antara lain ruam, kulit wajah kemerahan, dan gatal berkepanjangan.

Selama kehamilan tidak dianjurkan. Jika saat hamil makan pare akan berakibat kembung, keram perut, mual, muntah, buang angin terus menerus. Memang pare bisa menurunkan kadar gula darah. Tapi itu akan berbahaya apabila gula darah anda turun ke nilai di bawah normal saat hamil. Dalam penelitian juga dijelaskan konsumsi pare bisa merangsang aktivitas rahim sehingga berakibat persalinan prematur.

Kesimpulan Boleh Tidak Pare Dikonsumsi Ibu Hamil

Dari beberapa manfaat dan juga bahaya pare untuk ibu hamil seperti yang dijelaskan di atas, kami menyarankan agar Anda tidak mengkonsumsi sayuran ini selama kehamilan. Ini agar anda bisa lebih menjaga kehamilan agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. Dengan pare yang daya toksisitasnya cukup tinggi maka konsumsi pare bisa cukup berisiko. Anda tentu tak mau bukan, jika kehamilan Anda mengalami masalah? Jadi lebih baik untuk jangan konsumsi pare dulu saat hamil.

Leave a Reply