Tahap Perkembangan Janin dari 1 – 9 Bulan

Perkembangan janin harus selalu dipantau dan dikontrol agar dapat diketahui bagaimana tumbuh kembang janin selama berada di dalam kandungan. Seorang ibu juga harus mengerti bagaimana tahapan perkembangan janin selama di dalam kandungan, sehingga dapat menyesuaikan terhadap apa yang harus dilakukan atau diberikan kepada janin yang masih ada di dalam kandungan.

Berikut tahapan perkembangan janin dari usia kehamilan 1 bulan sampai dengan 9 bulan:

Tahap Perkembangan Janin dari 1 - 9 Bulan

Bulan Pertama

Tahap perkembangan janin pada usia kehamilan satu bulan di antaranya adalah telah terbentuk kantung kehamilan yang berperan untuk melindungi janin, serta terbentuk plasenta yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi dari tubuh ibu kepada janinnya. Selain itu, pada usia ini, dalam tubuh janin telah terdapat aliran darah, sehingga disarankan bagi ibu untuk banyak mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk ibu hamil.

Bulan Kedua

Pada usia ini, wajah janin mulai terbentuk dan berkembang seperti wajah manusia dewasa. Bakal tangan dan kaki janin juga sudah mulai terbentuk, sedangkan telinga janin muali terlihat sebagai lipatan pada kepala bagian kanan dan kiri. Selain itu, otak, sistem saraf, saraf tulang belakang serta saluran pencernaan telah mulai terbentuk.

Bulan Ketiga

Pada usia ini bagian-bagian tubuh janin mulai terbentuk lengkap namun belum sempurna, sehingga USG pada usia kehamilan ini kurang sesuai. Pada usia ini sistem kemih dan organ reproduksi juga sudah mulai terbentuk. Hati pun juga sudah mulai memproduksi empedu.

Bulan Keempat

Pada usia kehamilan bulan keempat, janin berkembang dengan bagian-bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki, jari yang semakin sempurna dan dapat dilihat dengan jelas. Pada usia ini, USG sangat tepat dilakukan. Janin juga mulai menunjukkan aktivitas seperti mengisap jari, menguap, dan mengubah ekspresi wajahnya.

Bulan Kelima

Pada usia ini, janin akan semakin aktif bergerak yang berfungsi untuk melatih otot tubuhnya. Rambut-rambut halus juga sudah mulai tumbuh. Tangan dan kaki semakin terbentuk sempurna. Kulit janin pun mulai tertutpi oleh lapisan putih sebagai pelindung dari air ketuban saat persalinan nanti.

 

Bulan Keenam

Perkembangan janin pada bulan ini, janin telah mampu membuka dan menutup kelopak mata. Janin juga sudah dapat mendengar suara yang ada di sekitarnya seperti suara pencernaan ibu, detak jantung ibu, maupun suara yang berasal dari luar. Pada usia ini akan sangat sesuai bagi ibu untuk mengajak berkomunikasi, memperdengarkan musik klasik, atau memeperdengarkan ayat suci Al-qur’an, sehingga akan merangsang kecerdasan anak nantinya.

Bulan Ketujuh

Pada usia ini, janin sudah dapat merespon suara yang didengarnya. Selain itu, janin sudah mulai dapat merasakan cahaya yang mengenai abdomen ibu dan masuk hingga sampai ke janin. Janin semakin tumbuh besar dan panjang, sehingga ketika janin bergerak, ibu akan merasakan gerakannya. Pada usia ini, tubuh janin juga sudah mulai menyimpan lemak.

Bulan Kedelapan

Cadangan lemak dalam tubuh janin akan semakin banyak, sehingga kulit janin tidak lagi keriput. Pendengaran dan penglihatan janin akan semakin berkembang dengan baik. Berbagai sistem dalam tubuh janin pun juga telah berfungsi, kecuali paru-paru. Perkembangan otak juga semakin sempurna, sehingga janin akan semakin sering menendang atau memukul.

Bulan Kesembilan

Pada usia ini, perkembangan janin semakin sempurna dan siap untuk dilahirkan. Perkembangan paru-paru sudah semakin sempurna, sehingga tubuhnya akan memutar, dan posisi kepala berada di bawah mengarah pada jalan lahir. Pada usia kehamilan ini sang ibu harus mempersiapkan mental dan fisiknya untuk berjuang bersama janin dalam proses persalinan yang semakin dekat.

Demikian sedikit mengenai perkembangan janin dari usia satu bulan sampai dengan 9 bulan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply