Tanda Tanda Kehamilan Yang Mudah Dikenali Oleh Anda

Mempunyai seorang anak adalah dambaan setiap pasangan suami istri. Akan tetapi, tidak sedikit juga wanita yang menganggap dirinya hamil. Tetapi setelah ia memeriksakan ke dokter belum ada tanda tanda kehamilan. Telat menstruasi atau tidak mengalami menstruasi bukan menjadi satu-satunya tanda hamil yang jadi tolak ukur anda untuk menentukan apakah anda sedang hamil atau tidak.

Pada umumnya, memang terlambat datang bulan, mual dan muntah itu menjadi gejala kehamilan yang paling umum. Biasanya tanda seperti ini sudah muncul. Bahkan bila usia kehamilan anda masih berada dalam usia 2 minggu. Hal ini karena segera setelah sel telur dibuahi, maka tubuh akan mengalami berbagai macam perubahan yang berguna untuk menyesuaikan diri. Walaupun demikian, ada berbagai macam tanda tanda kehamilan lain yang mungkin belum pernah anda sadari sebelumnya.

Tanda Tanda Kehamilan Yang Mudah Dikenali Oleh Anda

Tanda Tanda Kehamilan Yang Kadang Tak Disadari

9 dari 10 wanita terkadang baru menyadari dirinya sedang hamil setelah janin dalam kandungannya berusia 8 minggu. Yang lainnya 6 dari 10 wanita sadar dirinya hamil setelah usia kandungannya 6 minggu. Biasanya wanita hamil akan mengalami tanda kehamilan yang mungkin beberapa diantaranya anda alami juga.

Mual yang disertai muntah

Kejadian ini lebih sering dikenal dengan sebutan morning sickness. Rasa mual yang muncul menjadi tanda kehamilan yang dialami oleh sebagian besar wanita saat masa awal kehamilannya. Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan yang sangat tinggi. Peningkatan indra penciuman ibu hamil yang sangat drastis. Sehingga aroma apapun seperti bau badan suami, asap rokok atau aroma makanan yang tidak disukai itu akan terasa berkali-kali lipat. Dan ini akan membuat ibu hamil menjadi mual dan muntah.

Bentuk tubuh yang berubah

Perubahan yang terjadi pada bentuk tubuh memang menjadi salah satu tanda kehamilan yang sering terjadi. Perut akan terlihat lebih besar, juga bagian tubuh lain seperti paha, bokong, lengan, dan juga dada yang ikut membesar. Bukan itu saja, pada bibir organ intim akan terjadi perubahan warna. Organ intim ini akan berubah warna menjadi lebih pucat atau kehitaman dari yang awalnya berwarna merah muda. Juga akan keluar cairan seperti sedang keputihan akan tetapi cairan tersebut adalah proses pembuahan hasil dari cervical mucus.

Konstipasi dan sering buang air kecil

Ketika sedang hamil, janin yang berada di dalam kandungan tentu akan memerlukan ruangan yang lebih luas di dalam rahim. Ini mengakibatkan kandung kemih anda tertekan. Sehingga menjadikan frekuensi buang air kecil semakin meningkat. Disamping itu, kandung kemih juga dipenuhi dengan urin.

Mood yang berubah ubah

Hormon yang meluap di dalam tubuh pada masa awal kehamilan bisa membuat anda sangat emosional dan sensitif serta cengeng. Perubahan suasana hati juga menjadi hal biasa saat melewati masa awal kehamilan.

Peningkatan nafsu makan

Pada masa awal kehamilan menjadi momen dimana perubahan hormon sedang memuncak. Sehingga kondisi ini memberikan dampak pada peningkatan nafsu makan anda. Anda mungkin bisa memiliki rasa sangat lapar atau rasanya ingin menghabiskan semua makanan yang anda lihat. Paling tidak anda akan ngidam makanan favorit ataupun kesukaan anda.

Itulah beberapa tanda tanda kehamilan yang mudah dikenali oleh anda. Setelah anda mengetahuinya, maka anda harus segera menghubungi dokter agar segera mendapatkan perawatan dan vitamin supaya janin dalam rahim anda tumbuh dengan sehat. Sehingga nanti bisa terlahir dengan selamat.

Leave a Reply